Select Menu
Select Menu

Aktivitas

Pemberdayaan

Microfinance

» » Ratusan Pelaku Usaha Kecil Diwisuda di IPB


GEMI INDONESIA 23.42 0




Sumber: Berita Satu (Des, 2014)

Bogor - Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB) dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) mewisuda 150 pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) nasabah BTPN yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang Bekasi (Jabodetabek), Rabu (17/12) di IPB International Convention Center (IICC) Bogor.

Wisuda ini merupakan bentuk apresiasi atas kesungguhan nasabah mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan secara terukur dan berkelanjutan di seluruh kantor cabang BTPN.

Program pendampingan dan pemberdayaan nasabah yang disebut Program Daya ini dilakukan BTPN dengan menggandeng MB-IPB untuk ikut menyusun berbagai macam kurikulum modul pelatihan yang dibutuhkan nasabah. BTPN dan MB-IPB meyakini implementasi Program Daya dapat meningkatkan kapasitas usaha nasabah. Program ini juga efektif mengatasi hambatan yang dihadapi para pelaku usaha mikro.

Berdasarkan hasil penelitian MB-IPB, pelaku UMK mengalami beberapa tantangan dalam mengembangkan usaha mereka.

“Pertama, pelaku UMK cenderung belum bankable, baik disebabkan belum adanya manajemen keuangan yang transparan maupun kurangnya kemampuan manajerial dan finansial. Kedua, kurangnya pengetahuan akan pemasaran, produksi dan quality control, keuangan dan akuntansi. Hal ini disebabkan oleh minimnya kesempatan untuk mengikuti perkembangan teknologi serta kurangnya akses pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kapasitas usaha. Karenanya sebuah kebanggaan bagi MB-IPB dapat menjadi mitra untuk mengembangkan Unique Value Proposition (UVP) dari BTPN,” papar Direktur MB-IPB, Dr Arief Daryanto.

Wakil Direktur Utama BTPN Zemi Suhendar mengatakan, pada bulan Desember 2014 ini telah diwisuda 300 nasabah BTPN yang telah mengikuti empat modul pelatihan daya. 

Selain di Bogor untuk lingkup Jabodetabek, proses wisuda dilakukan di tiga kota lainnya, yakni Palembang Sumatera Selatan, Banjarmasin Kalimantan Selatan, dan Semarang Jawa Tengah dengan jumlah wisudawan masing-masing 50 nasabah.

Rangkaian wisuda di Bogor juga diisi dengan kuliah umum yang menghadirkan Prof Dr Noor Azam Achsani, Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan MB-IPB
Penulis: Vento Saudale/CAH

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply