Select Menu
Select Menu

Aktivitas

Pemberdayaan

Microfinance

» » REMBUG GEMI


GEMI INDONESIA 00.21 0





Rembug, berasal dari bahasa Jawa, yang biasa digunakan dalam bahasa Indonesia. Rembug artinya berbicara. Sedangkan dalam pemakaiannya, sering diartikan dengan musyawarah. Baik musyawarah untuk menemukan solusi, atau musyawarah untuk menyelesaikan sengketa (berunding). 

Kata ‘Rembug’ di GEMI dipakai untuk menyebut kumpulan para anggota GEMI (Gerakan Kaum Ibu), yang terdiri dari 5-20 orang ibu-ibu. Tiap rembug terdiri dari anggota GEMI yang berdomisili di wilayah yang berdekatan. Dalam GEMI, rembug dibentuk untuk membentuk kesolidan, dan didasari oleh semangat kemajuan dan kesejahteraan bersama. Olah karena itu, di GEMI, tiap kali mengadakan acara rutin (mingguan), sering menyampaikan ‘Ikrar Anggota GEMI’, dimana didalamnya berisi sumpah untuk memajukan ekonomi keluarganya dengan usaha yang dilakukannya.

Rembug bisa dipahami sebagai upaya pemebntukan komunitas usaha kecil bagi kaum perempuan (ibu) yang diinisiasi oleh GEMI. Pembentukan komunitas di desa maupun di kampong, sangat penting, karena dalam kultur masyarakat agraris maupun perkampungan, model gotong-royong masih dipertahankan. Dalam GEMI, kultur tersebut dibangun dengan tujuan meraih keberhasilan ekonomi bersama.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply