Select Menu
Select Menu

Aktivitas

Pemberdayaan

Microfinance

» » Yohana Yembise : Kembangkan Industri Rumahan Melalui Pemberdayaan Perempuan dalam Sistem Ekonomi Rumah Tangga


GEMI INDONESIA 21.29 0




 Sumber:  Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak


Bali (24/11)- “Kementerian PP dan PA  mendukung dan mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru yang dimulai dari produk-produk yang dihasilkan dan dikerjakan di rumah yang dikenal sebagai industri rumahan yang menyentuh perempuan untuk mengerjakan”, kata Yohana saat membuka Rapat Kerja Nasional  Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke XXV Tahun 2014 di Sanur, Bali. Dalam kiprahnya IWAPI sudah memberikan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat di bidang bisnis. Tentunya perhatian dan komitmen ini sangat membantu pemerintah Kabinet Kerja untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi prioritas Agenda Nawa Cita. Untuk itu, kabinet kerja mendukung Perempuan Pengusaha Indonesia untuk meningkatkan perekonomian Bangsa.


Yohana mengatakan pengembangan industri rumahan melalui pemberdayaan perempuan dalam sistem ekonomi rumah tangga merupakan bagian dari integrasi agenda prioritas pemerintah dalam kabinet kerja. Melalui Industri rumahan ini, perempuan dapat berproduksi tanpa harus meninggalkan rumah, bahkan industri rumahan yang maju dapat menyerap tenaga kerja dan menciptakan lapangan kerja. Ditambah lagi dengan adanya kemajuan teknologi, maka produk industri rumahan ini dapat dipasarkan dari rumah melaui internet. Dari jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ditengarai 40% diantaranya adalah pengusaha perempuan. Pengembangan usaha yang mereka lakukan telah banyak memberikan kontribusi bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender senantiasa mendorong dan mendukung perempuan untuk terus berkarya, memanfaatkan potensi yang ada, baik di rumah maupun di luar rumah, karena yang harus diperhatikan adalah kreativitas, keterampilan dan bakat individu.

“Saya berharap Rakernas IWAPI ini dapat menghasilkan terobosan dan strategi baru dalam pengembangan UMKM. Hal ini Sesuai dengan Nawa Cita meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera karena sebentar lagi kita sudah harus siap menghadapi persaingan bebas dunia, bahkan sudah harus siap dengan ASEAN 2015. Saya juga berharap Rakernas IWAPI dapat langsung menyentuh pokok-pokok persoalan yang dihadapi UMKM dan mendapat solusi pemecahan masalahnya. Saya yakin, IWAPI pasti mampu membuat inovasi dan terobosan, sehingga UMKM diakui oleh dunia”, pungkas Menteri. (ESN)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply